Prosesku


                                                                    SEBUAH PERTUMBUHAN.



Kenapa dalam surat Qs. Al-Alaq:1 disebutkan  اِقۡرَاۡ بِاسۡمِ رَبِّكَ الَّذِىۡ خَلَقَ‌ۚ. mengapa  بِاسۡمِ nya tidak dihilangkan padahal mudah dalam tulisan mushaf ini sangat mudah untuk dihilangkan. Ini merunjuk peristiwa, bahwa saat Nabi pertama kali belajar .pada saat Nabi sedang berdiam diri di Gua Hira kemudian malaikat mendatanginya seraya berkata Bacalah akan tetapi Nabi menjawab "tidak bisa membaca. " Beliau menjelaskan: Lalu malaikat jibril pun menarik dan menutupi mata Nabi, hingga Nabi pun merasa kesusahan. Kemudian malaikat Jibril  kembali lagi pada Nabi dan berkata Iqra. Nabi pun menjawab, "Aku tidak bisa membaca." tetapi sebenarnya malaikat Jibril menyuruh nabi Muhammad untuk mengulangi apa yang dia bicarakan. 

jadi, ketika malaikat jibril bilang 'bacalah', harusnya nabi Muhammad menjawab 'bacalah'. tapi nabi Muhammad mengira bahwa ia disuruh membaca sesuatu, padahal nabi itu ummi (buta huruf) nah bisa dilihat dari peristiwa Nabi Muhammad bahwasanya belajar harus ada  sebuah proses terlebih dahulu. kita lihat apapun proses yang kita lalui, jikalau semua   dilakukan karena Allah SWT  maka allah akan mempercepat kemudahan pemahaman yang mungkin awalnya sulit untuk dirasakan. berbicara tentang proses kadang terbesit dalam benak saya bagaimana orang-orang di sekitar saya sudah sampai pada puncak tumbuhnya, tetapi ketika melihat diri sendiri "kenapa aku begitu lambat? payah!". lagi lagi pencapaian dan cara tubuh orang lain tidak dijadikan sebagai motivasi melainkan penyesalan diri yang pada akhirnya berujung overthingking. 

kadang saya tidak faham pemaknaan hidup pada masing masing orang.namun menurut saya, hidup bukan sebuah kompetisi, siapa yang lebih cepat dia menang dan yang paling lambat dia kalah. bukan seperti itu? tetapi  barangkali, ini soal siapa yang pada akhirnya 'sampai' selambat apapun perjalananya bukankah yang paling penting adalah sampai? seperti kata pepatah jawa "alon-alon asal kelakon " sepertinya pepatah  ini tepat untuk dipakai .
bukan berarti harus pelan-pelan terus,  tetapi kalau bisa lebih cepat untuk sampai, bahkan itu jauh lebih baik . hanya saja jikalau cepat-lambat menjadi sebuah objek pembanding, apa kabar saya yang berjalannya jauh lebih lambat dibanding orang lain? apa saya sudah kalah? tetapi  ibu bilang selambat apapun pergerakanmu tetap saja  itu adalah sebuah pergerakan, termasuk bagaimana cara kamu bertumbuh.

saya menuliskan ini bukan untuk membuat yang lambat tetap bersantai ria, bukan. akan tetapi  saya hanya ingin mengutarakan, bahwa bertumbuh paling lambat pun bukan sebuah hal yang perlu dijadikan objek pembanding dan menyalahkan diri sendiri. karena setiap orang punya cara tumbuhnya masing-masing. 


semangat bertumbuh kawan:)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

kiat orang sukses

Diriku